-->

Banten Diguncang Gempa Magnitudo 6,7: Ruang Guru MTsN 3 Pandeglang Roboh




Buletin Banten - Hari Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.05.41 WIB wilayah Selatan Banten diguncang gempa tektonik.


Sebagaiman di kutip dari kabarfajardotcom, Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT.


Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.


Baca Juga: Data Sementara 5 Rumah Warga di Munjul Pandeglang Ambruk DIguncang Gempa, Butuh Bantuan Segera


Gempa ini membuat ruang kelas di MTsN 3 Cibaliung Pandeglang rusak.


Seperti terlihat dalam salah satu video yang diunggah akun Instagram @warungjurnalis, goncangan gempa itu telah menyebabkan ruang kelas di MTsN 3 rusak.


Dalam cuplikan video tampak plafon ruangan jebol, serta banyak reruntuhan tembok yang berserakan di atas meja dan lantai.


Narasi dalam videonya mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi di ruang guru pada di madrasah Tsanawiyah (MTs) setara dengan sekolah menengah pertama.


"ruang guru MTsN 3 Sukajadi, Cibaliung," kata perekam video dikutip dari Instagram @warungjurnalis pada Jumat, 14 Januari 2022.


Belum diketahui apakah ada korban dari peristiwa tersebut, namun reruntuhan bangunan yang berserakan berukuran cukup besar.


Gempa juga menyebabkan rumah warga di Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, ambruk.


Nana Diana, staf Kecamatan Munjul, mengatakan, ada 5 rumah ambruk. "Satu di desa Cibitung dan empat di Desa Munjul," kata Nana saat dihubungi, Jumat 14 Januari 2022.


Nana mengatakan, saat kejadian warga berada diluar sehingga tidak ada korban. "Saat ini warga lagi bersih-bersih," katanya.


Nana mengatakan, warga yang terdampak gempa ini agar segera mendapatkan bantuan. "Ya mudah-mudahan pemerintah setempat bisa segera merespons," katanya.


Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG  Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi.


"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik," katanya dalam rilis resmi yang diterima Kabar Fajar, hari ini.


Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Cikeusik dan Panimbang, Labuan dan Sumur, Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, bandar Lampung.


Lalu Anyer, Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab.Bogor, Kotabumi.


Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.***


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Banten Diguncang Gempa Magnitudo 6,7: Ruang Guru MTsN 3 Pandeglang Roboh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel