-->

Nagita Slavina Lahirkan Anak Kedua, Ini Kiat Pemulihan Cepat Pasca Melahirkan

 


JAKARTA Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tengah berbahagia menyambut kelahiran anak kedua mereka.

Kabar bahagia ini dibagikan oleh Raffi melalui postingan di akun Instagram mereka @raffinagita1717, Jumat (26/11/2021).

Alhamdulillah.. Lahir dengan sehat dan selamat pagi tadi ... Tambah lagi jagoan Papa Di Andara ... Minta doanya juga ya Guys buat Nagita dan dedek bayi Dedek Bayi R

Siapa namanya ???? tulis Rafi.

Nagita Slavina diketahui melahirkan anak keduanya lewat operasi caesar di RSIA Bunda Jakarta pada Jumat (26/11/2021) pukul 07.36 WIB.

Operasi caesar adalah proses persalinan dengan melalui pembedahan dimana irisan dilakukan di bawah garis pinggang ibu untuk mengeluarkan bayi.

Berbeda dengan persalinan normal yang memiliki waktu pemulihan lebih cepat, persalinan melalui operasi caesar akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih.

Untuk mempercepat proses pemulihan, berikut empat kiat yang bisa Anda lakukan melansir Healthline, Jumat (26/11/2021).

1. Istirahat yang cukup

Operasi caesar adalah operasi besar. Sama seperti operasi apapun, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih pasca operasi. Beberapa orang mungkin akan menghabiskan tiga hingga empat hari (apabila ada komplikasi) setelah melahirkan di rumah sakit dan membutuhkan enam minggu untuk pulih sepenuhnya.

Pernah mendengar kalimat istirahatlah ketika bayi Anda beristirahat dari teman atau kerabat? Mereka benar. Luangkan waktu untuk beristirahat setiap kali si kecil tidur siang. Anda juga dapat meminta bantuan dari keluarga atau teman Anda untuk mengganti popok atau beberapa pekerjaan rumah, sehingga Anda dapat berbaring sebentar jika memungkinkan.

2. Sayangi tubuh Anda

Pasca operasi, berhati-hatilah saat bergerak. Hindari naik turun tangga untuk sementara waktu. Letakkan semua yang Anda butuhkan seperti perlengkapan ganti popok dan makanan di area yang mudah terjangkau, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering bangun. Juga, pastikan tidak mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bayi Anda.

Selain itu, saat akan bersin dan batu, pegang perut Anda untuk melindungi bekas sayatan. Anda membutuhkan waktu hingga delapan minggu untuk bisa kembali ke rutinitas normal.

Hindari olahraga berat, tetapi lakukan jalan-jalan ringan sesering mungkin. Gerakan ini akan membantu Anda sembuh dan mencegah sembelit dan pembekuan darah.

Tanyakan kepada dokter kapan Anda boleh berolahraga, kembali bekerja dan melakukan aktivitas berat lainnya.

Tidak hanya kesehatan fisik saja, kesehatan mental juga perlu Anda perhatikan. Oleh karena itu, bila Anda merasa lelah, sedih dan kecewa, jangan diabaikan. Hubungi keluarga, teman atau dokter untuk mengatasi emosi Anda.

3. Meringankan rasa sakit

Penting menanyakan kepada dokter obat nyeri apa yang bisa Anda minum, terutama bila Anda sedang menyusui. Tergantung pada ketidaknyamanan Anda, dokter mungkin akan meresepkan pereda nyeri atau menyarankan Anda untuk minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Selain obat pereda nyeri, Anda bisa menggunakan heating pad untuk meredakan nyeri di sekitar bekas operasi.

4. Fokus pada nutrisi yang baik

Anda tetap membutuhkan nutrisi yang baik, sama seperti saat Anda hamil. Terutama jika Anda menyusui, Anda masih menjadi sumber nutrisi utama si kecil. Makan berbagai makanan kaya nutrisi akan menjaga bayi Anda tetap sehat dan membantu Anda menjadi lebih kuat.

Juga, Anda membutuhkan cairan ekstra untuk meningkatkan suplai ASI dan menghindari sembelit. Jadi, perbanyak minum cairan terutama air putih.***

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel