-->

5 Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah yang Rawan Disambangi di Musim Penghujan, No 4 Paling mudah



Buletin Banten - Memasuki musim penghujan bukan cuma mengundang sejumlah penyakit, melainkan hewan melata alias ular masuk ke dalam rumah. 



Hewan melata ini terbagi menjadi dua jenis, berbisa dan tak berbisa.


Nah, bisanya ini terbagi ke beberapa kadar sesuai dengan jenisnya. Namun, ular dengan kadar bisa tinggi yang mudah ditemui khususnya di Indonesia dan masuk ke pemukiman adalah jenis kobra. 



Sedangkan untuk jenis tak berbisa yang lebih sering dijumpai adalah ular sanca kembang. 


Penyebab datangnya ular ke rumah saat musim hujan disebabkan oleh dua faktor. Pertama, karena tempat tinggalnya yang terisi air dan kedua lantaran musim telur ular menetas. 


Selain itu tak menutup kemungkinan datangnya ular ke rumah karena adanya tikus sebagai makanan ular. 


Mengingat hewan melata yang satu ini enggak bisa dianggap sepele karena bisa mengancam nyawa baik itu yang berbisa atau bukan, diperlukan pencegahan yang benar supaya rumah tetap aman. 



Seperti dikutip dari berbagai sumber (22/11/2021), berikut 5 cara mencegah ular masuk ke rumah yang rawan disambangi di musim penghujan.


1. Gunakan Wangi yang Menyengat 

Ular sangat tak menyukai wangi yang menyengat. Salah satunya dengan rutin mengepel lantai menggunakan pewangi yang menyengat. Moms juga bisa menaruh wewangian yang menyengat seperti aroma serai, kayu manis atau cengkeh di luar rumah. 



2. Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Rumah dengan kondisi lembab merupakan celah besar bagi ular untuk datang. Ia mungkin akan bersembunyi di tempat yang gelap seperti tumpukan barang juga bisa menjadi tempat persembunyiannya. Lantaran hewan ini bukanlah spesies yang mudah terekspos. 


Sehingga sirkulasi udara juga berperan penting untuk mencegah kehadiran ular. Caranya dengan rutin membersihkan rumah juga menggunakan penetral udara. 



3. Memutus Rantai Makanannya

Tikus merupakan makanan kesukaan ular dan mudah ditemukan di dalam rumah. Karena itu penting untuk selalu rutin membuang sampah dan menjaga kebersihan rumah supaya tak mengundang tikus berdatangan. Selain tikus ada juga serangga dan katak.


4. Menutup Lubang

Ular bisa masuk melalui berbagai celah entah itu pintu, jendela, bahkan lubang yang tak terduga seperti westafel, kamar mandi dan saluran air.

Maka dari itu jangan lupa untuk selalu menutup rumah dengan rapat dan rutin memeriksakan lubang yang sudah disebutkan guna mencegah ular masuk ke rumah.

Apalagi jika rumah yang terletak di sekitar sawah yang merupakan tempat berkembang biak ular. 


5. Merawat Pohon dengan Baik

Apabila Moms enggak tinggal di sekitar persawahan tapi memiliki kebun baik itu hanya sekadar bunga-bunga atau beberapa pohon, pastikan untuk rutin memeriksakan hal tersebut dan jangan sampai terlalu rimbun. 


Apalagi jika ada pohon yang sampai menempel ke atap, perlu untuk sesegera mungkin dipangkas karena bukan cuma menjadi sarang ular tetapi juga celah masuk ke rumah. 


Nah itu dia Moms beberapa cara untuk mencegah ular masuk ke rumah. Yang terpenting adalah kebersihan rumah ya, Moms. Eits, kalau kedapatan ular bertamu ke rumah jangan diusir pakai garam ya. 


Pasalnya garam sama sekali enggak bisa mengusir bahkan membunuh ular. Tetapi langsung mengubungi pemadam kebakaran setempat atau orang yang berpengalaman dengan reptil. 

Semoga bermanfaat ya, Moms! ***


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel