-->

Kabupaten Pandeglang Terapkan PPKM Level 3, Pilkades Tetap di Gelar 17 Oktober 2021


Buletin Banten - Para calon kepala desa peserta pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pandeglang boleh bernafas lega. Meski Kabupaten Pandeglang kini masuk PPKM level 3, namun Pilkades yang sudah berulang kali ditunda tetap akan digelar sesuai rencana, yakni pada 17 Oktober 2021 mendatang.


Sebagaimana dilansir dari satelitnewsid, Pernyataan itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang Doni Hermawan, Kamis (7/10), menanggapi banyaknya pertanyaan tentang nasib pilkades. Menurut Doni, Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) soal pilkades serentak di Pandeglang belum turun. Namun, pihaknya sudah mendapatkan titik terang Pilkades terkait pelaksanaan pesta demokrasi di level itu yang akan berlangsung pada 17 Oktober 2021 mendatang.


Doni menegaskan, pilkades tetap dapat dilaksanakan di daerah yang menerapkan PPKM level 3. Berbeda halnya jika daerah masuk ke dalam PPKM level 4.


“Kami masih menunggu intruksi dari Mendagri, kemarin (Selasa) lagi dibuat suratnya (oleh Mendagri). Karena yang diprioritaskan Pilkades serentak itu yang level 3, kalau level 4 tak boleh. Dalam suratnya nanti begitu, tapi belum ditandatangani oleh pak Menteri,” jelas Doni, Kamis (7/10/2021).


Makanya, hingga saat ini pihaknya masih tetap menunggu keputusan dari Mendagri. Walau pun demikian diyakininya, pemungutan suara Pilkades bakal tetap digelar pada 17 Oktober 2021 mendatang.


“Karena itulah saat ini kami masih menunggu keputusan Menteri apakah boleh atau tidaknya. Akan tetapi kemungkinan besar masih tanggal 17 Oktober 2021 dilaksanakan pemungutan suaranya,” tegasnya.


Bahkan keyakinan tidak bakal diundur lagi oleh Kemendagri, pihaknya juga saat ini sedang mempersiapkan posko kepanitiaan Pilkades tingkat Kabupaten di Pendopo Bupati Pandeglang. Selain itu, deklarasi damai juga sudah dijadwalkan oleh pihaknya pada hari Minggu (10/10/2021) mendatang.


“Hingga saat ini tetap fokus pemungutan suara itu 17 Oktober 2021 mendatang. Kami juga sudah membuat posko di Pendopo, kami sudah siap-siap. Nanti hari Minggu kami adakan deklarasi damai,” jelasnya.


Ditambahkannya, pada H-2 atau jelang pelaksanaan pada hari Jumat, (15/10/2021) bakal dilaksanakan gelar pasukan bersama Polres, TNI dan Pemkab Pandeglang di alun-alun Pandeglang.


“Kami juga nanti H-2 gelar pasukan, dan H-1 bakal kami laksanakan patroli bersama dengan pak Kapolres dan pak Dandim,” tandasnya. ***

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel