-->

Elite Undur Diri dari Partai Ummat: Agung Mozin-Neno Warisman



Buletin Banten - Sudah dua elite Partai Ummat besutan Amien Rais mengundurkan diri dari partai. Agung Mozin dan Neno Warisman, dua elite Partai Ummat mengundurkan diri dalam kurun satu bulan belakangan ini.

Dirangkum detikom, Sabtu (2/10/2021), Agung Mozin mengundurkan diri pada akhir Agustus lalu. Agung Mozin sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Ummat dan salah satu loyalis Amin Rais sejak masih di PAN.

Agung Mozin mengumumkan dirinya keluar dari Partai Ummat berdasarkan surat yang dikirim kepada Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amin Rais. Surat tersebut dibagikan kepada wartawan, Kamis (26/8) lalu.

"Atas nama pribadi yang diamanahkan sebagai Wakil Ketua Umum Partai Ummat saya sampaikan terima kasih dan penghargaan tak terhingga kepada segenap pihak khususnya para sahabat pengurus, anggota, dan simpatisan Partai Ummat yang telah bekerja keras hingga terbitnya Pengesahan Badan Hukum Partai Ummat tersebut, teriring do'a Allah SWT memberkahi ikhtiar dan ibadah kita, aamiin," bunyi surat Agung Mozin kepada Amien.

Surat itu juga ditembuskan kepada Ketum Partai Ummat yang juga menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi. Dalam suratnya kepada Amien Rais, Agung Mozin berhenti dari Partai Ummat sebagai bentuk tanggung jawab etis dan moral.

"Selanjutnya memperhatikan dengan seksama dinamika internal partai, sekat-sekat informasi dan komunikasi elitis yang tidak mengedepankan akhlakul karimah, seraya mempertimbangkan beragam informasi dan aspirasi para sahabat Partai Ummat di berbagai daerah termasuk sahabat-sahabat aktivis demokrasi yang istiqomah konsisten-konsekuen melawan feodalisme dan dinasti politik, dengan ini saya Agung Mozin menyatakan berhenti sebagai Pengurus dan Anggota Partai Ummat sebagai bentuk pertanggungjawaban etika dan moral," ujarnya.

Sebulan lebih berselang, Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Neno Warisman mengundurkan diri dari partainya. Mundurnya Neno Warisman dari Partai Ummat dikonfirmasi oleh Sekretaris Majelis Syuro Partai Ummat, Ansufri Idrus Sambo

"Betul, iya (mengundurkan diri)," kata atau ustaz Sambo, saat dihubungi.

Partai Ummat menerima informasi pengunduran diri Neno Warisman melalui pesan WhatsApp dan surat. Alasan Neno Warisman mundur dari Partai Ummat agar fokus mengurus anaknya di Turki.
Kemarin, ya dia kirim WA ke kita, kirim surat mundur karena mau fokus ngurus anaknya di Turki. Karena tidak bisa aktif, jadi khawatir tidak bisa aktif, fokus ngurus anaknya, jadi mundur," tuturnya.
Ustaz Sambo menyampaikan Majelis Syuro akan membahas pengunduran diri Neno dalam rapat Syuro. Namun Ustaz Sambo tidak menyebutkan kapan rapat digelar.

"Kita kan ada mekanismenya, kalau orang mundur secara ini, kita tidak bisa larang kan. Cuma kita ada mekanisme, kita akan rapat Majelis Syuro. Keputusannya di Majelis Syuro," ujarnya.

Berikut susunan elite Partai Ummat sebelum Agung Mozin-Neno Warisman mengundurkan diri:

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat: Amien Rais
Wakil Ketua I: MS Kaban
Wakil Ketua II: Thalib Sagaf Aldjufri
Wakil Ketua III: Neno Warisman
Sekretaris: Ansufri Idrus Sambo

Ketua Umum: Ridho Rahmadi
Sekretaris Jenderal: Ahmad Muhajir Sodruddin
Bendahara Umum: Benny Suharto
Wakil Ketua Umum I: Agung Mozin
Wakil Ketua Umum II: Sugeng
Wakil Ketua Umum II: Chandra Tirta Wijaya(detik)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel