-->

Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024: Diam-diam, Anies Tak Hadir dan Tetap Bungkam



Buletin Banten - Relawan yang menamakan diri Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Presiden pada 2024 mendatang.

Deklarasi ini berlangsung di Gedung Juang 45, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021).

Koordinator Deklarator ANIES, Laode Basir, mengatakan kegiatan ini bermula dari diskusi 4 tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta.

"Kegiatan ini bermula dari diskusi kami dalam rangka merefleksi 4 tahun kepemimpinan Bapak Anies Rasyid Baswedan di Jakarta," kata Laode.

Laode menjelaskan, pihaknya banyak melakukan diskusi untuk mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta.

Lebih lanjut, Laode menilai, ada banyak komunitas yang terlibat berdiskusi soal perkembangan Jakarta selama dipimpin Anies.

"Di masing-masing kami ada kelompok kelompok diskusi mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta yang kemudian kami berkumpul dengan tema diskusi pada sekitar seminggu yang lalu refleksi kepemimpinan Anies Rasyid Baswedan di Jakarta," tegas Laode.

Menurut Laode, sosok Anies Baswedan berhasil memimpin Jakarta.

Bahkan, Laode menyebut Anies mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri terkait pengelolaan pemerintah yang akuntabel dan transparan.

"Ada satu kata kunci yang menjadi kesepakatan kami bahwa Bapak Anies Rasyid Baswedan berhasil memimpin Jakarta. Apa instrumen keberhasilan ini? Sangat banyak yang bisa kita sebut," jelas Laode.

"Kita bisa ungkap di Agustus kemarin Jakarta kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri tentang pengelolaan pemerintah yang akuntabel, yang transparan, dan banyak penghargaan-penghargaan lain," tambahnya.

Lebih lanjut, Laode bereaksi mengenai rapor merah 4 tahun kepemimpinan Anies sebagai Gubernur DKI yang diberikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Menurutnya, itu merupakan hal biasa dalam demokrasi.

"Apa yang disampaikan oleh LBH Jakarta kepada Bapak Anies suatu hal yang patut kita hargai, itu biasa, lumrah dalam dunia demokrasi," ujar Laode.

Berikut sejumlah fakta dari deklarasi Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan:

Deklarasi Diam-diam Tanpa Komunikasi ke Anies Baswedan

Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Presiden pada 2024 mendatang.

Namun, deklarasi dukungan tersebut dilakukan tanpa pemberitahuan kepada Anies alias secara diam-diam.

Relawan ANIES, Dani Kusuma, mengatakan ANIES mendukung Anies secara sukarela, tidak diminta ataupun dipaksakan.

Pihaknya juga mengaku tidak pernah berkomunikasi dengan Anies sebelumnya.

Dani meminta agar jagoannya itu fokus saja memimpin Jakarta.

"Kami tidak ada urusan dengan pak Anies. Pak Anies kerja saja sebagai gubernur," katanya saat konferensi pers di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (20/10/2021).

ANIES siap mendukung Anies bila nanti maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan berkeliling Indonesia.

"Kami relawan hanya menyiapkan landasan ketika Pak Anies sudah selesai jadi Gubernur. Pesan beliau cuma ingin berkeliling Indonesia. Nah landasannya kami siapkan dari sekarang," pungkasnya.

Koordinator Deklarator ANIES, Laode Basir, mengatakan, dukungan ini bermula dari diskusi dalam rangka merefleksi 4 tahun kepemimpinan Anies Baswedan.

Sekitar sebulan belakangan ANIES yang berdiri sejak tahun 2018 ini melakukan diskusi antar anggotanya.

Akhirnya, memutuskan untuk mendeklarasikan diri mendukung jagoannya itu untuk nyapres di Pilpres 2024.

Dalam deklarasi tersebut, ditampilkan juga video berisi dukungan dari beberapa daerah yang mendukung Anies menjadi Presiden.

Anies Baswedan Tak Hadir

Jangankan hadir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan justru bungkam saat ditanya perihal adanya pendeklarasian dirinya menjadi calon presiden (capres) 2024 oleh sejumlah relawan.

Adapun Rabu (20/10/2021), relawan yang menamakan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera resmi mendeklarasikan Anies Baswedan untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Deklarasi ini berlangsung di Gedung Juang 45, Jakarta Pusat.

Atas dasar rekam jejak Anies selama memimpin ibu kota hingga dinilai mampu mengatasi tantangan bangsa dan negeri ini ke depan, membuat aliansi ini mantap mendukung Anies untuk memimpin Indonesia.

"Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa ini adalah inisiatif kami. Kami tidak terlalu punya kepentingan untuk Pak Anies tahu atau tidak," kata Koordinator Deklarator ANIES, Laode Basir di lokasi, Rabu (20/10/2021).

Anies Baswedan Bungkam

Diketahui deklarasi dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera digelar tanpa sepengetahuan Anies Baswedan.

Koordinator Deklarator ANIES, Laode Basir mengatakan, bungkamnya Anies kala ditanya awak media pada Selasa (19/10/2021) kemarin perihal deklarasi ini adalah hal yang tepat.

Kata mereka, bungkamnya Anies dinilai sebagai sikap yang jujur karena deklarasi ini memang berasal dari inisiatif sendiri.

"Kemarin kami sempat baca beritanya Pak Anies memilih bungkam. Bagi saya itu pilihan yang tepat.

Ini bukti bahwa Anies seorang yang jujur. Karena apa? bagaimana dia mau tahu, kami sendiri tidak menyampaikan kepada beliau," lanjutnya.

Ia pun menjabarkan kepentingan aliansi ini ialah mendukung Anies untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Kepentingan kami adalah kami menilai, kami melihat, beliau punya prestasi dan tugas kami bagaimana prestasi ini kita gaungkan, kita upayakan, kita perjuangkan agar ini tidak menjadi milik warga DKI tetapi jadi milik seluruh warga Indonesia," bebernya.[tribunnews]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel