-->

Batal di Monas, Pulau Reklamasi Buatan Ahok Jadi Opsi Lintasan Formula E



Buletin Banten - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan Formula E tidak akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas) seperti rencana awal. Saat ini, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), selaku penyelenggara, sudah menyiapkan lima opsi lokasi pengganti.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membeberkan, dua dari lima opsi lintasan, yakni kawasan Pantai Kita Maju Bersama di Teluk Ancol dan Gelora Bung Karno, Senayan. Kedua lokasi ini dianggap bisa menjadi lintasan balap mobil listrik tersebut.

Untuk diketahui, kawasan Pantai Kita Maju Bersama dulu dikenal sebagai Pulau C, D, dan G hasil reklamasi Teluk Jakarta di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kawasan itu kini dikelola Pemprov DKI melalui Jakpro dan namanya diganti.

"Di antaranya di Senayan, di Pantai Maju Bersama dan lain-lain," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Riza menyebut nantinya kelima opsi itu akan dicek langsung oleh pihak Formula E Operation (FEO). Lokasi yang paling layak akan dipilih untuk menggelar balapan mobil listrik itu.

"Ada lima alternatif nanti akan dicek lokasinya," pungkasnya.

Sebelumnya, rencana menjadikan kawasan Monumen Nasional (Monas) sebagai sirkuit untuk Formula E dipastikan batal. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara sudah menyiapkan opsi trek lainnya.

Hal ini dipastikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis Jakpro, Gunung Kartiko saat rapat dengar pendapat di Komisi B DPRD DKI. Ia menyebut tak mungkin menggelarnya di monas karena sulit mendapatkan izin.

"Venue yang jelas bukan di monas, itu aja cluenya. Karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinannya," ujar Gunung dalam rapat tersebut, Rabu (6/10/2021).

Gunung menyebut pihaknya sudah menyiapkan lima lokasi alternatif sebagai lokasi balapan mobil listrik ini. Ia tak mau menyebut rinciannya dan hanya mengatakan semua tempat yang disiapkan adalah lokasi yang menunjukan ikon Jakarta.

"Jadi kita cari lokasi ikon Jakarta yang memang menunjukkan Jakarta. Banyak, ada lima alternatif," katanya.

Selain itu, Gunung juga memastikan jalur balpan bukan di sirkuit Sentul, Bogor. Sebab, lintasannya haruslah berada di tengah kota.

Lalu nantinya trek untuk balapan Formula E memiliki panjang sekitar 3 kilometer.

"Pasti bukan di Sentul karena bukan di sirkuit. Harus ada belokannya dan lain-lain," pungkasnya. [suara]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel