-->

Dapat Jaminan Keamanan dari Taliban, Kedutaan Besar China di Afghanistan Berjalan Normal



Buletin Banten - China menjadi salah satu negara yang mendapat jaminan keamanan dari Taliban setelah kelompok itu mengambil alih pemerintahan Afghanistan. 

Kedutaan Besar China tetap bisa beroperasi secara normal di saat sejumlah negara Barat menarik staf mereka dari Kabul.

Itu terungkap dari informasi yang disampaikan langsung Duta Besar China untuk Afghanistan, Wang Yu, kepada media yang dikelola pemerintah China Global Times, Selasa (17/8). Menurut pengetahuannya, kedutaan besar Rusia, Pakistan dan Iran juga beroperasi.

Duta Besar mengatakan bahwa hanya ada karyawan kedutaan karena keluarga diplomat tidak menemani mereka ke Afghanistan selama bertahun-tahun.

“Kedutaan terhubung dengan dunia luar, meskipun sinyal jaringan sekarang kurang stabil, dan listrik terkadang padam,” katanya, seraya mengatakan bahwa mereka sering mendengar suara tembakan.

“Ada beberapa warga negara China yang tersisa di Afghanistan,” Wang, mencatat bahwa beberapa dari mereka berharap kedutaan dapat membantu mereka kembali ke China sesegera mungkin.

“Karena penerbangan komersial telah ditangguhkan, mereka mungkin harus menunggu sampai penerbangan dilanjutkan,” ujarnya.

Taliban Afghanistan telah menyapu negara itu dalam hitungan minggu dan mengambil alih istana kepresidenan, tak lama setelah pasukan pimpinan AS mundur dari negara tersebut. Video di media sosial menunjukkan helikopter dan pesawat pengangkut berebut untuk mengevakuasi sebagian besar warga AS dan Barat.

Pada awal Juli, pemerintah China telah lebih dulu mengevakuasi 210 warga negaranya dari Afghanistan dengan penerbangan charter ke Wuhan di tengah situasi keamanan yang memburuk. (RMOL)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel