-->

Bertemu Dubes Saudi, Sekjen MUI: Belum Ada Kepastian Pemberangkatan Haji 2021



Buletin Banten - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al- Thaqafi menghargai sikap Pemerintah Indonesia yang memutuskan penundaan kembali keberangkatan Jemaah haji pada tahun 2021. Menurut dia, keputusan tersebut demi keselamatan para jemaah haji di tengah pandemi Covid-19.

Kunjungan Essam bersama rombongan disambut oleh Ketua Umum MUI KH Miftahul Akhyar dan sejumlah pengurus MUI. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup tersebut, Essam juga menekankan saat ini Pemerintah Arab Saudi belum membuka pintu kedatangan jemaah haji internasional.

“Jadi, tidak hanya Indonesia. Negara lain pun sama. Belum ada kepastian soal perjalanan haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi,” kata Sekjen MUI Amirsyah Tambunan kepada MNC Portal Indonesia seusai acara di kantor MUI, Selasa (8/6/2021).

Menurut Amirsyah, tujuan utama kedatangan Essam ke MUI untuk bersilaturahmi, bukan mengklarifikasi isu pemberangkatan haji 2021. Poin lain yang dibicarakan, kata dia, Pemerintah Arab Saudi siap membuka kerja sama dengan MUI dalam pelatihan para da'i. Hal ini untuk meningkatkan kompetensi da'i di dalam dan luar negeri.

“Selanjutnya tentang sertifikasi halal dan ekonomi syariah. Pemerintah Arab Saudi berupaya meningkatkan kerja sama dengan MUI," kata Amirsyah.

Dia juga menambahkan Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI telah merilis 138 fatwa yang saat ini dalam proses penyelesaian terjemahan ke Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Penerjemahan ini dilakukan untuk memudahkan sosialisasi fatwa DSN MUI ke dunia internasional. []

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel